Inovasi Terbaru Disdukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota "Jempol Nagari" Jembatan Pelayanan Online Nagari.

Kapur IX News - Seiring dengan perkembangannya zaman, pelayanan publik di Indonesia juga turut mengalami kemajuan. Salah satu kemajuan itu adalah dipangkasnya birokrasi yang terlalu panjang dan efisien waktu yang lama karena perjalanan dan proses antrian jika harus menikmati layanan tatap muka atau layanan offline. Pelayanan online sudah banyak diterapkan di berbagai lembaga dan kementerian.

Hari ini Disdukcapil Kab. Lima Puluh Kota telah hadir dengan pelayanan onlinenya yaitu Smartdukcapil dan ini akan dikembangkan lagi sampai pelayanan di nagari yang dinamakan dengan "JEMPOL NAGARI (Jembatan Pelayanan Online Nagari)". 

Hadirnya layanan yang dilakukan di kantor Wali Nagari tentu memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Mereka bisa mengurus apa saja dengan bantuan ponsel atau PC dan semua urusan bisa selesai dengan cepat.

Ir. Refilza selaku Kadis Dukcapil Kab. Lima Puluh Kota dalam rapat internal (30/7) bersama seluruh pegawai Disdukcapil Kab. Lima Puluh Kota menyampaikan “Nagari Koto Bangun berinisiatif dalam memberikan layanan terbaik untuk masyarakat di nagarinya dengan sebutan layanan di nagari Koto Bangun adalah ‘Nagari Codiek’  dan sudah melakukan komunikasi dengan Disdukcapil Kab. Lima Puluh Kota. Nagari Koto Bangun sudah mempersiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk melaksanakan pelayanan langsung di Kantor Wali Nagari. Nagari akan berperan sebagai perpanjangan tangan Disdukcapil untuk memberikan layanan. Ini akan kita jadikan sebagai Pilot Project nagari Go Digital di Kab. Lima Puluh Kota. Setelah sukses di nagari Koto bangun, program ini akan kita laksanakan di nagari-nagari yang ada di Kab. Lima Puluh Kota yang siap dengan Infrastruktur nya. Kita sangat terbuka dengan nagari yang akan berkoordinasi dengan kita demi memberikan Layanan terbaik untuk masyarakat Kab. Lima Puluh Kota. Kerjasama dan sinergi yang dilakukan oleh nagari dengan Disdukcapil adalah kunci utama dalam meningkatkan kepuasaan dan kebahagiaan masyarakat”.

Hatifah, S.Kom selaku Kabid PIAK (Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan) Disdukcapil Kab. Lima Puluh Kota yang menangani Jaringan, Sistem dan Aplikasi smartdukcapil juga menyampaikan “Ditunjuknya nagari Koto Bangun sebagai Pilot Project karena Koto Bangun yang telah mempersiapkan Infrastruktur dan SDM nya. Pelayanan yang akan dilaksanakan di nagari yaitu semua layanan yang ada di aplikasi smartdukcapil kecuali Perekaman KTP-e, cetak KTP-e dan cetak KIA yang dilaksanakan langsung di Disdukcapil Kab. Lima Puluh Kota.  Nagari akan menjadi perpanjangan tangan dari Disdukcapil Kab. Lima Puluh Kota. Pemberkasan dan permohonan akan dilaksanakan di nagari dan proses pembuatan dokumen akan dilaksanakan di Disdukcapil Kab. Lima Puluh Kota. Setelah berkas persyaratan pengurusan dokumen diserahkan oleh masyarakat ke pihak nagari, maka dokumen kependudukan yang diurus akan langsung bisa dibawa pulang oleh masyarakat. 

Untuk pihak nagari sudah dilakukan Bimtek pada hari Kamis (29/7) oleh Ketua Forum Dukcapil Sumatera Barat yang juga putra asli Kab. Lima Puluh Kota Muhammad Fadhly, S.AP, MM dan dihadiri oleh Sekretaris Dukcapil Provinsi Sumatera Barat Ir. Putri Reno Sari, MM”.

Hadirnya program Nagari Go Digital ini tentu memberikan kemudahan terhadap masyarakat. Dalam pengurusan administrasi kependudukan, tidak dipungut biaya dan juga memangkas terjadinya percaloan serta pungutan kepada masyarakat. Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH juga mengarahkan kepada seluruh Disdukcapil yang ada untuk melakukan pendekatan pelayanan kepada masyarakat. 

Hadirnya JEMPOL NAGARI sebagai pilot project di Kab. Lima Puluh Kota bisa menjawab tantangan dari Dirjen Dukcapil dan berjalan dengan sukses serta menjadi stimulus untuk nagari yang ada di Kab. Lima Puluh Kota berkoordinasi dengan Disdukcapil Kab. Lima Puluh Kota melaksanakan dan menyukseskan program Nagari Go Digital.  Masyarakat Kab. Lima Puluh Kota Bahagia akan tercapai dengan adanya layanan yang sistematis dan mudah diakses dimanapun berada. (fikri)

Belum ada Komentar untuk "Inovasi Terbaru Disdukcapil Kabupaten Lima Puluh Kota "Jempol Nagari" Jembatan Pelayanan Online Nagari."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel