Ikuti Expo dan FGD Gambir, Anak Nagari Bangkit, Ambil Kontribusi.

Bukittinggi, Kapur IX News - Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat melakukan Forum Grup Diskusi (FGD) dengan tema "Revitalisasi Usaha Tani Gambir untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani dan Konservasi Lahan di Hotel Kharisma Bukittinggi, Selasa (23/06/2021).

FGD ini diikuti oleh semua pihak yang terlibat dalam komoditi gambir diantaranya Pemprov bersama OPD terkait, Pemda Lima Puluh Kota, Pesisir Selatan, Pasaman, dan Agam beserta OPD terkait serta perwakilan petani dan mahasiswa yang merupakan anak petani gambir.
Yang tidak kalah menarik, FGD ini dihadiri oleh Deputi II Bidang Pangan dan Agribisnis, Kementerian Koordinator Perekonomian RI yaitu "Ibu Dr.Ir Musdhalifah Machmud, M.T".

FGD ini dibuka dengan "Suara Petani" yaitu penyampaian kondisi petani gambir oleh beberapa petani gambir Kabupaten 50 Kota terkait kondisi harga yang fluktuatif, pasar yang terbatas, dll. 

Dalam kesempatan ini, salah satu perwakilan mahasiswa yaitu Yefsi Malrianti yang merupakan anak "petani dari Kapur IX" menyampaikan permasalahan dan solusi yang ditawarkan kepada semua stakeholder yang hadir.
"Petani harusnya juga di dorong untuk melakukan hilirisasi produk gambir, sangat susah dan berbahaya kalau kita hanya main di hulu saja", ungkapnya.

Bak gayung bersambut, Bupati Lima Puluh Kota, Dt Safaruddin yang hadir pada kesempatan itu juga menyampaikan kondisi dan langkah pemerintah daerah untuk mendukung segala kegiatan yang akan meningkatkan kesejahteraan petani gambir.

"Kita kedepannya akan mengarahkan semua  pemerintah nagari, OPD dan semua pihak pemda untuk mengkonsumsi hasil hilirisasi gambir yang dihasilkan oleh petani nantinya" tegasnya.

"Tidak hanya itu, Pemda 50 Kota siap bekerja sama dengan semua pihak yang mau terlibat untuk pengembangan produk gambir serta siap mendukung semua teknologi yang akan ditawarkan para stakeholder terkait (kampus, balai riset, enterpreneur) untuk meningkatkan perekonomian petani gambir itu sendiri", pungkasnya.
Selain itu, Pemprov Sumbar sekarang ini juga telah menganggarkan APBD untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas gambir dari budidaya sampai pemanenan.

Komitmen yang sama juga disampaikan Deputi, dan semua saran rekomendasi akan disampaikan ke kementerian terkait.

Semoga pasca FGD ini semua instansi terkait dalam mengeksekusi kesepakatan FGD sesuai tupoksi kerja masing-masing.
*(YM)

Belum ada Komentar untuk "Ikuti Expo dan FGD Gambir, Anak Nagari Bangkit, Ambil Kontribusi."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel