Lakukan Kunjungan ke Rumah Produksi, Milenial ini serius mulai bangun nagari.

Talang Maur, Kapurix.com - 2 Juli 2021 anak nagari Muaro Paiti melakukan kunjungan ke rumah produksi teh gambir "afiyah"  bertempat di Jorong Talang, Talang Maur.

Agenda di mulai dari kunjungan ke Kantor Walinagari sebagai perkenalan awal dan diskusi terkait permasalahan gambir di Nagari Talang Maur. Adapun permasalahan yang disampaikan Walinagari Talang Maur (Norma Efendi, S.AP) hampir sama dengan masalah di Kapur IX. Kisaran harga hambir di 2 daerah ini juga sama. 
Tidak berlama disana, perjalanan dilanjutkan ke Jorong Talang, ditemani oleh Alumnus Mahasiswa UMSB yang juga merupakan warga asli Talang Maur. 

Setiba di rumah produksi kami di sambut dengan sangat baik oleh Bapak Asril yang merupakan Ketua dari Rumah Produksi Teh Gambir ini . Sambil diskusi kami disuguhkan teh gambir afiyah hasil produksinya bersama keltan sambal. 
Usai diskusi, kami berlanjutkan ke rumah produksi yang terletak di samping rumah pak    . 
Usaha teh gambir ini dirintis dari tahun 2016 dibawah binaan BPTP Sumbar. Alhamdulillah di tahun 2019, usaha ini telah memiliki rumah produksi sendiri yang difasilitasi oleh BPTP Sumbar dengan anggaran Rp 33.500.000,00. 
Secara umum, pengolahan mayoritas masih secara manual. Baru sekitar 20% yang menggunakan teknologi. "Kendala utama dari minimnya teknologi adalah modal kami yang belum mencukupi. Ada mesin ini, untuk pengecilan ukuran daun namun hasil ukurannya masih kasar dan perlu modifikasi mesin. Sekarang kami masih melakukannya dengan manual", ujar pak Asril.

Selain kendala teknologi, usaha teh ini juga masih terkendala dalam pemasaran. Belum banyak khalayak yang mengetahui teh gambir dan belum mengetahui khasiatnya sehingga lebih memilih teh lain yang harganya relatif lebih murah. "Pemasaran baru sebatas di instansi dalam daerah karena kemaren masih dalam pengurusan ijin, alhamdulillah sekarang sudah selesai dan siap untuk dipasarkan lebih luas lagi seperti mini market, dan luar  pulau" ungkap Pak Asril.
Kami salut dengan semangat pak ini. Walau kadang mengalami pasang surut usaha, namun tetap bisa bertahan sejauh ini. 

Semoga kita para anak muda dapat membantu petani sesuai keahlian masing-masing dan perekonomian petani gambir bisa meningkat. (YM)

Belum ada Komentar untuk "Lakukan Kunjungan ke Rumah Produksi, Milenial ini serius mulai bangun nagari."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel