Bupati Lima Puluh Kota dan Bupati Pasaman Jalin Kerjasama untuk Menghubungkan 2 Kabupaten Ini.

LIMA PULUH KOTA - Untuk mendorong percepatan pembangunan, utamanya bidang ekonomi, Bupati Kabupaten Pasaman Benny Utama dan Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo membuat kesepakatan akan membuka akses jalan penghubung dua wilayah yakni Jorong Tanjuang Bungo, Kenagarian Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjo dengan Jorong Puah Data, Kenagarian Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh.

Bupati Pasaman Benny Utama mengatakan, akses jalan penghubung dua wilayah itu perlu dilanjutkan kembali agar memberikan manfaat lebih kepada masyarakat dua daerah.

Dibukanya akses jalan menghubungan dua wilayah Kabupaten Pasaman dan kabupaten Limapuluh Kota ini, akan memberikan dampak baik secara ekonomi, ” ungkap Benny jelang penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Pasaman dengan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota di aula kantor Bupati Limapuluh Kota, Selasa (13/07/2021).

Menurut Benny, Kabupaten Pasaman merupakan wilayah penghasil ikan air tawar  terbesar di Sumatera Barat. Hingga 2019 lalu, luas areal perikanan di daerah itu mencapai 4.332 Ha, dengan jumlah produksi seba sebanyak 53.540,26 ton pertahun

Pemkab Pasaman juga menetapkan beberapa kecamatan di daerahnya sebagai percontohan sentra budidaya ikan air tawar (minapolitan). Adapun daerah percontohan tersebut meliputi kecamatan Rao dan Rao Selatan. Sementara kawasan penyangga yakni Padang Gelugur, Panti dan Bonjol.     

“Kabupaten Pasaman merupakan wilayah penghasil ikan air tawar di sumatera barat. Tentu bentuk kerjasama lain akan kita lakukan. Selain itu sejarah juga mencatat Bonjo dan Kototinggi memiliki sejarah perjuangan pahlawan bangsa,” pungkas Benny.

Senada dengan Benny, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo mengatakan, UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah lebih tegas  memberikan legalitas yang besar untuk dilaksanakannya kerjasama pembangunan daerah yang bertetangga. Tidak dapat dipungkiri bahwa, maju mundurnya satu daerah juga bergantung pada daerah-daerah lain, khususnya daerah yang berdekatan.

Sumber : dekadepos.com

Belum ada Komentar untuk "Bupati Lima Puluh Kota dan Bupati Pasaman Jalin Kerjasama untuk Menghubungkan 2 Kabupaten Ini."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel