Teh Daun Gambir ! Berharap Bisa Jadi Salah Satu Inovasi Masyarakat Kapur IX kedepannya untuk meningkatkan nilai tambah Gambir.

Kapur IX News - Kapur IX merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Lima Puluh Kota yang secara garis besar masyarakatnya petani gambir.

Berdasarkan data BPS (2018) luas lahan gambir di Kabupaten Lima Puluh Kota yaitu 16.199 ha dengan produksi 10.881,95 ton/tahun.

Jika ditelusuri jauh lebih dalam, penghasil gambir tersebut adalah Kecamatan Kapur IX.

Jastra (2016) mengatakan bahwa gambir ini di ekspor ke beberapa Negara diantaranya : India, Singapura, Bangladesh, Jepang, Malaysia, Italia, USA, Thailand, Pakistan, Nepal, dan lain-lain.

Di Kapur IX, pada umumnya petani hanya mengolah daun gambir menjadi produk setengah jadi yang disebut dengan gambir juga.

Jika kita tinjau lebih jauh, ternyata gambir ini sangat banyak manfaatnya.
Secara modern, gambir digunakan sebagai bahan baku industri farmasi, kosmetik, tekstil dan makanan (Dhalimi, 2006).

Unsur kimia yang ada pada gambir sebenarnya banyak sekali. Tapi, yang penting sekali yaitu kandungan katekin dan tanin yang ada dalam gambir.

Walaupun Kecamatan Kapur IX menjadi penghasil gambir terbesar di Indonesia, akan tetapi masyarakatnya belum sejahtera. Dan untuk produk turunan yang di harapkan bisa meningkatkan pertumbuhan perekonomian dan menjadi nilai tambah gambir belum tampak dilakukan oleh masyarakat Kapur IX itu sendiri.

Dengan adanya kandungan tanin yang ada pada daun gambir, hal ini sebenarnya memiliki khasiat sebagai obat obatan.

Berdasarkan eksperimen yang dilakukan oleh Nela (2015) ternyata daun gambir bagus digunakan sebagai minuman kesehatan, bahkan kandungannya lebih baik dari teh biasa. Zat antioksidan yang terkandung pada teh gambir mampu menangkal radikal bebas sehingga menjaga sel tubuh kita dari kerusakan.

Di beberapa daerah selain Kapur IX, sebenarnya sudah banyak yang memproduksi beberapa produk turunan gambir itu sendiri seperti teh gambir (Di Mungka, Lareh Sago Halaban, BPTP Sumbar), sabun dari gambir, tinta, penyamak kulit, dll.

Tapi sayangnya, Kapur IX sampai saat ini belum mampu untuk bersaing dalam menciptakan produk turunan gambir itu sendiri.

Kita mengajak kita semua untuk saling bekerjasama dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di Kapur IX sehinggal hal tersebut bisa menjadi Inovasi Masyarakat kedepannya. Dan kita berharap semoga perekonomian gambir masyarakat Kapur IX bisa lebih baik. Aamiin

Belum ada Komentar untuk "Teh Daun Gambir ! Berharap Bisa Jadi Salah Satu Inovasi Masyarakat Kapur IX kedepannya untuk meningkatkan nilai tambah Gambir."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel