Pedagang Jeruk di Pasar Payakumbuh yang Positif Corona Berstatus OTG

Lima Puluh Kota, Diskominfo-Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Limapuluh Kota Irfendi. H. Irfendi Arbi, MP mengumumkan Press Release melalui Juru Bicaranya Kepala Dinas Kominfo, Fery Chofa, SH, LLM didampingi Kepala BPBD H. Joni Amir, S. Sos, Kabag Humas Hendra, S.Pd dan beberapa pejabat Dinas Kesehatan terkait tambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Lima Puluh Kota, Minggu (10/05/2020)
Tambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan hasil pemeriksaan ulang sampel swab yang pada awalnya hasil pemeriksaan dinyatakan inconclusive. Selanjutnya baru diterima hasil pemeriksaan dari Laboratorium Biomedik (Riset Terpadu) Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas pada hari ini dengan surat nomor : 195/05/PDRPI-FK/2020, yang menyatakan terdapat 1 (satu) orang warga Kabupaten Lima Puluh Kota terkonfirmasi positif Covid-19.
"Warga Kabupaten Lima Puluh Kota yang terkonfirmasi positif adalah seorang perempuan inisial “E” berusia 59 Tahun, pedagang jeruk di pasar Payakumbuh, beralamat di Jorong Balai Tolang Nagari Guguak VIII Koto Kecamatan Guguk, dengan riwayat perjalanan terakhir ke Payakumbuh pada tanggal 22 April 2020 dan memiliki kontak langsung dengan kasus konfirmasi positif covid-19 Kota Payakumbuh inisial “H.E.M” saat menjual dagangannya", jelas Fery
Sehubung dengan hasil pelacakan kasus positif Covid-19 Kota Payakumbuh tersebut, maka dilakukan tracing pada yang bersangkutan pada tanggal 22 April 2020 dan kemudian pada tanggal 5 Mei 2020 dilakukan pengambilan sampel swab yang bersangkutan “E” di RSUD Ahmad Darwis Suliki dengan hasil Inconclusive sehingga perlu dilakukan pemeriksaan ulang terhadap sampel tersebut.
Dari hasil pemeriksaan sample swab yang diterima pada tanggal 10 Mei 2020 (Kode sampel C37.B12.0003) dapat disimpulkan bahwa yang bersangkutan “E” terkonfirmasi positif covid-19 dan ditetapkan sebagai kasus baru No. 02 di Kabupaten Lima Puluh Kota.
Saat ini kondisi kesehatan yang bersangkutan secara umum baik serta tidak ada gejala penyakit dan saat ini dalam proses persiapan karantina dan isolasi di BLK Padang Besi.
"Kami meyakini kasus tersebut merupakan kasus transmisi lokal yang berhubungan dan berkaitan erat pada cluster di Kota Payakumbuh. Untuk itu tim kami saat ini akan terus bekerja secara optimal dan akan melakukan proses kontak tracing terhadap semua orang yang ditenggarai telah kontak dengan kasus tersebut guna mengungkap perkembangan kasusnya" tambah Fery.
Terkait rumor beberapa warga Kabupaten Lima Puluh Kota yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang dikirim Pemerintah Kota Payakumbuh, kita masih menunggu konfirmasi resmi dari Tim Gugus Tugas Provinsi Sumatera Barat agar tidak terjadi kesimpangsiuran data. Namun demikian Tim Gugus Tugas Kabupaten Lima Puluh Kota telah mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mentracking riwayat perjalanan dan kontak yang bersangkutan di Kabupaten Lima Puluh Kota.
Kedepan, kita perlu meningkatkan disiplin diri untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini. Mari tetap dirumah, selalu menjaga jarak (physical distancing) dan bila harus keluar rumah wajib menggunakan masker. Mari tetap tenang dan tidak panik serta senantiasa berdoa kepada Allah SWT semoga wabah ini segera berakhir.

Belum ada Komentar untuk "Pedagang Jeruk di Pasar Payakumbuh yang Positif Corona Berstatus OTG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel