Limapuluh Kota Masih 0 Kasus Covid, Benarkah Datanya, atau tidak Mengirim Sampel ke Labor Unand ?

Lima Puluh Kota,—Sebagai mana data yang disampaikan juru bicara gugus tugas Provinsi Sumbar kemaren, Kamis (07/05) kepada Wartawan menyatakan sudah 13 orang positif Covid-19 di Payakumbuh. Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai daerah yang mengelilingi Kota Payakumbuh terlihat tenang saja.

Situasi yang mengundang perhatian banyak pihak tersebut dimulai dari berita sebuah media lokal yang menyampaikan bahwa sulit meminta konfirmasi ketua tim gugus tugas terkait situasi terkini di Lima Puluh Kota, sampai berita yang mengabarkan bahwa Lima puluh Kota tidak mengirim sampel pool test ke laboratorium Unand.

Sementara Kongkrit.com mencoba menghubungi Kepala BPBD Kab. Lima puluh kota Joni Amir lewat WA, sebagai gugus tugas Covid-19 dia mengatakan,” Kami bukan tidak mengirim, ada mengirim cuma belum keluar hasilnya. dan setiap daerah tentu tidak sama cara menanganinya,” Tegas Joni amir.

Ketua DPRD Lima Puluh Kota, Deni Asra memberikan pandangannya bahwa semestinya kebijakan gubernur itu diikuti oleh Lima Puluh Kota. Kebijakan pool tes swab itu adalah untuk mempercepat identifikasi terhadap warga Lima Puluh Kota yang disinyalir terjangkit Covid-19 ini.

Bisa dari masyarakat yang ODP, orang tanpa gejala (OTG) yang pulang dari perantauan. Bahkan yang lebih penting adalah warga Lima Puluh Kota yang dicurigai pernah kontak dengan pasien positif di Kota Payakumbuh, bisa jadi sampel pool tes swab tersebut tidak dikirim karena ingin mempertahankan nol kasus Covid-19 di Lima Puluh Kota.

Ia menambahkan bahwa semua keputusan terkait langkah yang akan diambil dalam menangani penyebaran Covid-19, harus melalui persetujuan Bupati. Sedapatnya ada langkah nyata yang sudah dilakukan, karena saat ini penerapan pembatasan sosial berskala Besar (PSBB) memasuki tahap kedua.

Masyarakat menunggu keputusan Bupati terkait kegiatan yang akan dilakukan, terutama persoalan ibadah bersama di masjid,mushala dan perayaan Idul Fitri.

“Sampai sekarang, Bupati hanya mengeluarkan himbau saja, belum ada yang bersifat keputusan. Padahal secara data, peningkatan kasus positif Covid-19 di Kota Payakumbuh sudah signifikan. Bukan tidak mungkin itu akan menjalar ke Kabupaten,” ulasnya.

“Kami tidak ingin sikap yang diperlihatkan Bupati hari ini membahayakan keselamatan warga Lima Puluh Kota, karena kekawatiran kearah itu ada. Sebab hubungan masyarakat dua daerah ini sangat inten,”pungkasnya.
( sumber : kongkrit.com )

https://kongkrit.com/diduga-sampel-pool-test-tak-dikirim-ke-labor-unand-ini-kata-ketua-dprd-lima-puluh-kota/

Belum ada Komentar untuk "Limapuluh Kota Masih 0 Kasus Covid, Benarkah Datanya, atau tidak Mengirim Sampel ke Labor Unand ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel