Ada 100 Orang yang Kontak Langsung dengan Pasien Covid Asal Manggilang

Pasien Y sendiri diumumkan positif COVID-19, Sabtu (9/5) kemarin, ia diduga tertular dari bos tempatnya bekerja di Kota Payakumbuh, DD yang sebelumnya sudah terlebih dahulu diumumkan positif oleh Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Payakumbuh.

Untun mengantisipasi penyebaran lebih luas, Tracking terhadap warga yang diduga kontak dengan pasien 01 positif COVID-19 di Lima Puluh Kota , inisial Y asal agari Mangilang Kecamatan Pangkalan Koto Baru terus dilakukan. Sampai Minggu (10/5) Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 daerah tersebut mencatat ada 100 orang yang sudah sempat melakukan kontrak terhadap pasien tersebut.

"Untuk hasil tracking totalnya ada 100 orang yang diduga kontak dengan pasien 01. Dari jumlah itu, sampel yang kita ambil baru 13 orang yang merupakan kontak erat pasien," kata Kadiskominfo Kabupaten Lima Puluh Kota , Feri Cofa melalui video conference, Minggu (10/5).

Untuk sisa 87 orang lainnya, pemantauan akan terus dilakukan dinas kesehatan setempat dan apabila diketahui ada gejara maka akan segera dilakukan pengambilan sampel untuk dilakukan tes swab.
"Kondisi warga yang diduga sempat kontak dengan Y itu terus kita pantau," lanjutnya.

Selain tracking terhadap Y, Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Lima Puluh Kota juga mulai melakukan tracking terhadap kontak pasien 02 positif COVID-19, E (59 tahun) yang baru dikonfirmasi positif, Mingggu (10/5).
"Untuk pasien 02 ini, tracking masih berjalan tapi kita sudah mengambil sebanyak tiga sampel untuk swab tes," terangnya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Kabupaten Lima Puluh Kota , Joni Amir menerangkan, sampai sejauh ini sudah terdapat sebanyak 78 orang yang diambil sampelnya untuk tes swab. Dari jumlah itu, yang sudah dikirim ke Labor Unand sebanyak 50 sampel dan hasil yang sudah keluar sebanyak 30 sampel dengan rincian dua positif dan 28 lainnya negatif.
"Untuk yang 28 sampel lainnya baru akan kita kirim ke Padang besok (Senin, 11/5)," pungkasnya. (*)

 Berbagai Sumber

Belum ada Komentar untuk "Ada 100 Orang yang Kontak Langsung dengan Pasien Covid Asal Manggilang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel