Rabu, 01 Maret 2017

HARGA GAMBIR MELONJAK TINGGI, MASYARAKAT KAPUR IX LOMBA-LOMBA MEMBUKA LAHAN BARU

Lahan baru petani gambir Kapur IX

Kapur IX News - Melonjaknya harga komoditi gambir dibeberapa bulan belakangan ini, membuat para petani gambir di Kec. Kapur IX pada umumnya, banyak melakukan aktifitas pembukaan lahan baru untuk dijadikan perkebunan gambir, ada yang membuka dikawasan hutan, ada juga yang membuka lahan dengan menebang karetnya dan diganti dengan tanaman gambir, karena harga karet dibeberapa tahun belakangan ini turun, karena harga karet yang agak tidak menjanjikan maka masyarakat banyak beralih ke perkebunan gambir.

Dari hasil pantauan Tim Media Online Kapur IX dilapangan, wilayah hutan Kapur IX sepertinya sudah banyak yang dibuka untuk dijadikan lahan perkebunan gambir, bahkan sudah ada yang melakukan penanaman bibit gambir dilahan tersebut. Selain membuka lahan baru, masyarakat ada juga yang merawat ulang perkebunan gambir yang sudah lama ditinggal, dikarenakan oleh harga gambir yang tidak menjanjikan dibeberapa tahun yang lalu. Dalam hal ini, para penanam bibit juga memperoleh keuntungan, dimana banyaknya masyarakat yang butuh akan bibit gambir untuk ditanami dilahan yang baru, penanam bibit menjual bibit gambir berkisar Rp. 700 ribu/Je, bahkan sampai Rp. 1 juta/Je nya.

Lahan baru yang sudah ditanami bibit gambir

Melihat fakta yang ada dilapangan, dengan banyaknya pembukaan lahan baru perkebunan gambir, maka dibeberapa tahun kedepan Kapur IX sepertinya akan kesulitan mencari "Tukang Kampo" gambir, mengingat begitu luasnya lahan baru yang dibuka oleh masyarakat sehingga juga membutuhkan Tukang Kampo yang cukup banyak, jika seandainya harga komoditi gambir tetap bertahan di atas Rp. 50.000 saja/Kg nya. Semoga para petani gambir Kapur IX semakin sadar agar tetap menjaga kwalitas gambir yang dihasilkan, tetap menjaga kandunan zat Catechin dan Tanin yang ada didalam getah gambir, tanpa mencampur dengan bahan yang lainnya, karena kehidupan ekonomi masyarakat Kapur IX pada umumnya tergantung pada komoditi gambir.


Dengan semakin berhagranya nilai komoditi ekspor kita, "Emas Hitam Kapur IX" (Gambir), patut sama-sama kita syukuri, kesejahteraan masyarakat semakin meningkat, ekonomi semakin mantap, semoga masyarakat kita tidak lagi jadi masyarakat yang konsumtif, artinya apapun dibeli tanpa berfikir dulu apakah itu memang dibutuhkan atau tidak yang penting dibeli, sifat sombong mestinya juga kita hindari dan tetap bersyukur atas karuniaNya. (Media Online Kapur IX)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar