Rabu, 20 April 2016

HARGA KARET TIDAK KUNJUNG NAIK , PEMERINTAH DINILAI GAGAL







Bagaimana nasib petani karet ? ya tentu nya pertanyaan itu muncul ,  jika mendengar  harga karet yang tidak kunjung naik , yang dulunya mencapai Rp 25.000/kg  , sekarang hanya berkisar diantara Rp 5.000-Rp6000/kg . "Harusnya pemerintah lebih perhatian dengan nasib petani karet, dan mengarahkan untuk mengembangkan komoditas lain yang masih potensial.


Apalagi, pemerintah dinilai gagal mengintervensi pasar komoditas karet, dengan tidak adanya kebijakan hilirisasi industri karet, sehingga harga komoditas itu di pasar domestik sangat tergantung permintaan asing.

Lemahnya harga karet itu, menyebabkan sebagian besar petani di wilayah Kapur IX  sudah pasrah dengan tidak adanya perbaikan harga komoditas utama tersebut. Sebagian memilih beralih ke komoditas lain , seperti berkebun cabe .

“Sekarang ya pasrah saja, karena mau mengadu juga tidak tahu ke siapa. Semoga saja pemerintah bisa membantu naikkan lagi harga karet,” kata masda, petani karet di kenagarian Muara Paiti , Kec Kapur IX , Lima Puluh Kota Sumbar .

Dia menyebutkan harga jual karet di daerah itu berkisar Rp4.000 – Rp6.000 per kilogram. Selain harga yang rendah, dampak kabut asap riau juga membuat hasil panen menurun drastis .(ikhsanaye)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar