Rabu, 20 Mei 2015

Hiu Tutul Mati Terdampar di Sungai Limau


Gambar ilustrasi
Pd. Pariaman - Seekor hiu tutul (Rhincodon Typus) atau dikenal masyarakat nelayan di pesisir Sumbar dengan nama kancah-kancah ditemukan mati membusuk terdampar di perairan Pantai Air Manis, Korong Sungai Limau, Nagari Kuranji Hilir, Sungai Limau, Padang Pariaman, Selasa sore (19/5).
Muhammad Nur (69) warga setempat mengatakan, hiu tutul atau hiu paus ditemukan seorang warga pada Selasa sore. Saat ditemukan bangkai hiu telah tak utuh dan telah mengeluarkan aroma busuk. Temuan tersebut membuat warga gempar, karena jarang biota laut sebesar itu ditemukan di sekitar lokasi.
“Hiu ini bukan pemakan daging. Keberadaannya cukup banyak di perairan Sumbar. Yang mati terdampar di Sungai Limau ini panjangnya 15 meter, ukurannya sebesar perahu kecil, beratnya diperkirakan mencapai 2 ton lebih,” kata M. Nur.
Dikatakan, saat ditemukan, bangkai hiu tutul tersebut sudah tak utuh. Sirip atau radai di bagian badan, punggung dan ekornya telah hilang.
Diduga sebelum terdampar, bangkai hiu tersebut sudah  dipreteli nelayan ataupun para pemburu sirip hiu.
M. Nur mengatakan, hiu tutul merupakan salah satu biota laut yang sering diburu nelayan tertentu untuk diambil sirip dan minyaknya. Minyak ikan hiu di pasaran merupakan komoditi yang cukup bernilai jual mahal. (Sumber: Koran Singgalang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar