Kamis, 04 November 2010

Harapan pada Wali Terpilih

IRDIAN WILANDRA

Apakah sesungguhnya yang hendak kita capai dengan penyelenggaraan Pilwana?. Sebagai warga negara atau warga nagari Muaro Paiti, kita punya hak untuk ikut menentukan secara langsung siapa pemimpin kita.
       Insya Allah, pada hari Kamis, (11/11) nanti Muaro Paiti akan melak-sanakan pemilihan Walinagari, berte-patan dengan pelantikan bupati terpilih kabupaten Limapuluh Kota.
      Sesungguhnya apa yang kita ha-rapkan dari ikut memilih di Pilwana? Ada dua komponen yang kita harap-kan dari Walinagari terpilih. Pertama, peningkatan kualitas ekonomi masya-rakat dan memberikan pelayanan pa-da masyarakat dalam melancarkan urusan. Juga menyediakan fasilitas umum yang dibutuhkan masyarakat.
       Kedua, walinagari memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat.
Walinagari jangan merasa (menang) sendiri, seakan tidak membutuhkan bantuan dan dukungan lagi.
      Walinagari diharapkan mampu bekerjasama dengan elite/tokoh ma-syarakat, bersama kekuatan intelektual di perguruan tinggi, bersama alim-ulama/ninik-mamak/cadiak-pandai, bersama para pengusaha/dunia usaha, bersama tokoh/masyarakat perantau, dan seterusnya.
      Walaupun berbeda suku, bersama kita bisa!!. Jangan sebaliknya karena Pilwana pula nanti timbul permusuhan dan dendam yang tak kunjung padam di antara kita masyarakat Muaro Paiti.
      Salah satu guide untuk tidak salah pilih, kita ketahui apa kita harapkan yang akan jadi perhatian Walinagari dan siapa di antara kandidat menurut ukuran kita diperhitungkan mampu bekerja mewujudkan tujuan apa yang jadi perhatian, menjadi masalah, menjadi harapan kita tadi. Maka pilihlah kandidat tersebut.
       Bisa jadi ada yang mempengaruhi dari kiri kanan, atau ada yang mengi-ming-iming kita dengan sesuatu, kira-nya sejauh mungkin kita tetap bersikap dan berpendirian. Itulah salah satu konstribusi kita pada masyarakat kita dan nagari kita. Selamat memilih.
*Penulis adalah Ketua Himapemupa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar