Selasa, 09 Maret 2010

Hadapi UN dengan Serius

Oleh: Welki Satria

Menyonsong pelak-sanaan Ujian Nasional tahun pelajaran 2009/ 2010 yang dijadwalkan 22 maret mendatang oleh sebab itu perlu ki-ta himbau pada selu-ruh komponen masya-rakat menggerakkan “Gerakan Persiapan Ujian Nasional” terutama bagi kalangan guru dan praktisi pendidikan serta orang tua murid. Agar senantiasa menjaga kedisiplinan anak-anak un-tuk mempersiapkan diri mengikuti ujian nasional dimaksud.
Kita mengajak semua kalangan masyarakat untuk membangkitkan semangat para siswa siswi guna meningkatakan prestasi anak-anak sehing-ga mereka berhasil mengikuti ujian tersebut.
Dapat kita lihat prestasi yg kita raih diseko-lah kita menurun untuk mendapatkan kelulusan yang murni 100 persen, Maka pihak sekolah serta kabupaten tidak ingin prestasi sekolah kita anjlok ketika program pembangunan pendidikan di daerah kita mendapat prioritas.
Mensiasati demam Ujian Nasional tersebut kita perlu mengajak Masyarakat , orang tua,dan pihak nagari se kecamatan Kapur IX, Terutama nagari Muaro Paiti yang merupakan pusat pendidikan seperti adanya SMA dan SMP. Agar bisa menghindari segala aktifitas kenakalan remaja seperti hura-hura di malam hari, semarak-nya minuman keras, kebut-kebutan di jalan akhirnya bisa menimbulkan kerusuhan dan keresahan bagi masyarakat.
Barangkali kita perlu meninjau secara ber-sama peran guru yang sangat penting sekali dalam mendidik anak-anak agar berpendidikan dan bermoral, supaya lebih tercapainya hal itu. Guru-guru perlu mengontrol muridnya agar tidak malas belajar dan tidak banyak lagi yang cabut, sebut saja di SMA masih banyak yang melanggar aturan bahkan masih ada siswa siswi yang masih santai di kedai dan di tapian Palolan, Apakah kita tidak merasa kasihan, Sedangkan mereka sudah di ujung jalan.
Perlu ditekan lagi bagi siswa siswi yang ber-tempat tinggal di kos-kosan sangat dibutuhkan perhatian dan peran dari Bapak/Ibu kos untuk menjaga agar anak-anak tidak berkeliaran lagi terus membimbing mereka supaya lebih giat be-lajar, Selanjutnya pengawasan lebih ketat dari pada orang tua,Tokoh masyarakat, dan peme-rintah nagari .
Marilah kita sukseskan bersama Ujian Na-sional dalam rangka meningkatkan prestasi dan pendidikan yang bermoral guna mendapatkan hasil yang memuaskan dengan kelulusan murni 100 persen. Belajar dari sekarang, karena kesuksesan anda ada ditangan anda sendiri.
*Penulis adalah mahasiswa Unand Jurusan Sastra Daerah Minang Kabau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar